Senin, 25 Agustus 2008

Green Marketing

PMDC 2008
"Green Marketing"

Acara yang diadain di ABFII Perbanas ini , oleh HMJMnya ABFII Perbanas berlangsung dengan baik .. pesertanya dari berbagai universitas se-Indonesia, ini untuk pertamakalinya ABFII Perbanas menyelenggarakan acara yang diikuti peserta se-nasional. Pesertanya adalah ABFII Perbanas, Universitas Indonesia, UBL, Univ. Taruna Jaya, Univ. Lampung, Undiknas, Univ. Riau, Univ Sriwijaya, Univ. Sahid, President University, Univ. Brawijaya, dan UNJ .

Kenapa Green Marketing ??

Green Marketing adalah konsistensi dari semua aktifitas yang mendesain pelayanan dan fasilitas bagi kepuasan, kegiatan, dan keinginan manusia dengan tidak menimbulkan dampak pada lingkungan alam. Green marketing mempunyai prospek yang baik untuk dikembangkan sebagai pilihan metode pemasaran di era moderen. Di era modern seperti sekarang ini banyak sekali kegiatan-kegiatan yang dilakukan manusia berdampak tidak baik bagi lingkungan yang menyebabkan global warming. Konsep Green marketing sendiri umumnya melihat dari sisi pemasaran produk yang ramah lingkungan.


Menurut salah satu kelompok peserta, Univ. Brawijaya definisi Green Marketing adalah koofiensi dari semua aktifitas yang medesain pelayanan dan fasilitas bagi kepuasan kebutuhan dan keinginan manusia dengan tidak menimbulkan dampak pada lingkungan alam. Menurutnya, Green Marketing mempunyai prospek yang bagus untuk dikembangkan sebagai pilihan metode pemasaran di era modern dan mempunyai keunikan sehingga mampu memberikan competitive advantage bagi perusahaan yang mengimplementasikannya. Strategi yang digunakan untuk menjalankan Green Marketing adalah melakukan kerjasama dengan pemerintah, meningkatkan SDM, melakukan interaksi langsung terhadap konsumen.

Berbeda dengan President University yang memiliki pandangan lain mengenai Green Marketing, menurut mereka Green Marketing adalah hal yang bagus sekali apabila kriteria kalimnya benar-benar diawasi agar tidak adanya Green Washing, dimana perusahaan tersebut dinamakan Green Washer. Sebagai contoh, barang ataupun minuman yang berbungkus plastik lebih baik menggunakan tetra pack, mengapa? karena plastik lebih sulit mengurai ditanah. Istilah hal tersebut adalah Biodegradable, barang yang dapat diuraikan senyawa ditanah. hal tersebut bertujuan untuk mengurangi dampak perubahan iklim. Perubahan iklim terjadi karena dampak dari tangan manusia itu sendiri yang tidak sadar dengan lingkungannya. Terakhir, menurut President University manajemen yang ramah lingkungan adalah yang aman bagi manusia dan alam juga yang harus memikirkan lingkungan sekitarnya atau lebih dikenal dengan CSA (Coorporate Social Responsibility).

Tidak ada komentar: